-->

Tips Mencegah Penyakit Diabetes

 sebab salah satu atau kedua orang bau tanah Anda mempunyai diabetes atau berat tubuh anda di at Tips Mencegah Penyakit Diabetes
Tips Mencegah Penyakit Diabetes. Bila anda berusia di atas 45 tahun atau lebih muda, namun berisiko tinggi terkena penyakit diabetes misalnya, sebab salah satu atau kedua orang bau tanah Anda mempunyai diabetes atau berat tubuh anda di atas normal-waspadalah! Diabetes selalu mengintai Anda.

Semakin hari semakin banyak orang indonesia yang menderita deabetes tipe 2 (diabetes yang dimulai dikala dewasa). Diabetes tipe 2 dikaitkan dengan kondisi yang dikenal sebagai resistensi insulin. 

Meskipun ada unsur gangguan sekresi insulin dari sel-sel beta pangkreas, cacat utamanya yakni ketidak mampuan tubuh untuk merespon insulin dengan baik. Pangkreas telah bekerja keras untuk memproduksi insulin lebih banyak, tetapi jaringan tubuh tidak merespon dan tidak peka terhadap insulin.

Pada titik ini, diabetes terjadi dimana kadar gula darah yang terus menerus tinggi pada hasilnya akan menjadikan banyak komplikasi kesehatan yang serius.

Untungnya Anda bisa mencegah diabetes tipe 2 melalui perubahan gaya hidup. Melakukan beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup Anda kini  dapat membantu Anda mencegah dan mengendalikan diabetes. Pertimbangkan cara mencegah diabetes berikut:
  

Tips Mencegah Diabetes

Lakukan Lebih Banyak Kegiatan Fisik
Ada banyak manfaat berolahraga secara teratur. Latihan olahraga sanggup membantu meningkatkan sensitivitas tubuh anda terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Dengan meningkatkan olahraga, tubuh memakai insulin lebih efisien hingga 70 jam sesudah latihan.

Jadi, berolahraga 3-4 kali seminggu akan bermanfat pada kebanyakan orang. Perlu dicatat bahwa banyak manfaat olahraga yang independen terhadap penurunan berat badan. Namun jika dikombinasikan dengan penurunan berat badan, manfaatnya meningkat secara substansial.

Dapatkan Banyak Serat dalam Masyarakat
Makanan berserat tidak hanya mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah tetapi juga menurunkan resiko penyakit jantung dan juga menjaga berat tubuh ideal dengan membantu Anda merasa kenyang.

Makanan tinggi serat antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Salah satu makanan tinggi serat yang terbukti sanggup mengendalikan diabetes yakni dedak padi dan bekatul.

Makanlah Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Meskipun tidak terperinci mengapa, biji-bijian sanggup mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah studi pada lebih dari 83.000 perempuan, konsumsi kacang-kacangan sepertinya  menunjukkan beberapa dampak pemberian terhadap pengembangan diabetes.

Turunkan Berat Badan
Sekitar 80% penderita diabetes kegemukan dan kelebihan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes sanggup bergantung pada penurunan berat badan.

Setiap kg  Anda kehilangan berat tubuh sanggup meningkatkan kesehatan Anda. Dalam sebuah penelitian, orang pandai balig cukup akal yang kegemukan mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 % untuk setiap kilogram berat tubuh yang hilang.

Perbanyak Minum Produk Susu  Rendah Lemak
Pada penderita obesitas, semakin banyak susu rendah lemak yang dikonsumsi, semakin rendah risiko sindrom metabolik. Secara khusus, mereka yang mengkonsumsi lebih dari 35 porsi produk  susu tersebut, seminggu mempunyai risiko jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang mengkonsumsi kurang dari 10 porsi seminggu.

Kurangi Konsumsi Gula
Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2. Namun, sesudah diubahsuaikan dengan berat tubuh dan variabel lainnya, sepertinya ada kekerabatan antara minum-minuman sarat gula.

Seseorang yang minum satu atau lebih minuman bergula sehari, mempunyai hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes dari pada orang yang hanya adakala atau tidak minum-minuman bergula.

Berhenti Merokok
Merokok tidak hanya berkontribusi pada penyakit jantung dan mengakibatkan kanker paru-paru tetapi juga terkait dengan pengembangan diabetes. Merokok lebih dari 20 batang sehari sanggup meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat dibandingkan orang yang tidak merokok.

Penyebab niscaya untuk hal ini belum diketahui dengan baik. Kemungkinan merokok secara pribadi menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin.

Silahkan Anda coba salah satu tips mencegah penyakit diabetes diatas secara teratur dan benar. Sehingga kita bisa menghindari yang namanya diabetes. Sekali lagi kesehatan itu penting, maka dari kini perhatikanlah kesehatan mu.

Apakah kau sering begadang? bekerja malam-malam hingga pagi? Sangat berbahaya, apa saja dampak jelek begadang? baca: Penyakit Akibat sering Begadang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Mencegah Penyakit Diabetes"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel