-->

Khasiat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

 Tanaman ini mungkin masih sering dianggap sebagai masakan kampungan Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan
Khasiat Ubi Ungu bagi Kesehatan. Tanaman ini mungkin masih sering dianggap sebagai masakan kampungan. Sebenarnya masakan kampungan ini mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bahkan lebih baik kalau dibandingkan dengan masakan modern.

Ubi jalar ini mempunyai nama latin Ipomea Batatas Poiret. Ubi jalar ini ternyata juga banyak sekali dimanfaatkan sebagai materi untuk menciptakan cemilan misalnya, kue, bakpao, minuman, bahkan eskrim. 

Kandungan ubi jalar ungu memang lebih tinggi kalau dibandingkan dengan jenis umbi lain, yaitu dari 100 gr ubi ungu mengandung vitamin A kurang lebih 7700 mg mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat dan bit. Kandungan ubi jalar ungu yang lain diantaranya Zn, K, Mg, Cu, lisin, vitamin C, B1, mineral, lemak, protein, serat kasar, dan juga termasuk sumber karbohidrat yang tinggi.


Khasiat Ubi Ungu

  • Melancarkan pedoman darah
    Zat antosianin (pigmen warna ungu) pada ubi ungu ini merupakan zat anti-oksidan yang bisa menyerap polusi udara, serta bisa menghambat pembekuan darah sehingga pedoman darah menjadi lancar.
      
  • Mencegah Kanker
    Kandungan betakaroten, vitamin C dan E sanggup berfungsi sebagai anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan aneka macam penyakit kardiovaskuler.
      
  • Melancarkan Pencernaan
    Serat dan pektin yang ada dalam ubi ungu ini bisa melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan menyerupai sembelit dan wasir bisa diatasi
      
  • Anti-oksidan
    Antosianin pada ubi ungu ini juga mempunyai fungsi sebagai anti-oksidan, anti kanker, anti bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, sampai penyakit jantung.
      
  • Anti Kanker
    Zat selenium  dan iodin dalam ubi ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti kanker.
      
  • Anti Bakteri
    Aktivitas anti kuman dalam ubi ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding dari aneka macam varietas blueberry.
      
  • Sumber Karbohidrat
    Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini bisa dijadikan pewarna pada makanan.
      
  • Diabetes
    Memang ubi ungu terasa ada rasa manis, tapi hal ini sangat mensugesti untuk pengobatan pada penderita penyakit diabetes. Dengan ubi ungu, penderita diabetes bisa menggantikan nasi atau karbohidrat dengan ubi.
       
  • Asma
    Memang penyakit asma tidak bisa terobati dengan sembuh total, tapi setidaknya kita mengobati sehingga tidak sesering kambuh, asma biasanya hidung sering mampet, dan paru-paru sulit untuk memompa udara. Dengan mengkonsumsi ubi ungu, anda bisa memakai ubi untuk mengatasi penyakit asma.
       
  • Menambah Berat Badan
    Dengan rasa elok dan karbohidrat kompleks serta vitamin yang terdapat pada ubu ungu bisa menambah berat tubuh anda. Selain itu  dengan mengkonsumsi ubi ungu maka otot-otot  pada tubuh anda akan terbentuk (dengan artian perlu latihan juga)
      
  • Sumber Vitamin A Terbaik
    Ubi ungu mempunyai kandungan vitamin A  yang tinggi. Vitamin menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A ini ditunjang  karena adanya kandungan beta karoten yang cukup  banyak. Didalam tubuh beta karoten akan diubah menjadi vitamin A dan menyediakan  200 % kebutuhan vitamin A  dalam  sehari untuk tubuh. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat beta karoten sangat banyak. Untuk beta karoten sendiri bisa didapatkan pula  pada  sayur dan buah-buahan yang berwarna orange, kuning , hijau dan ungu.
Itulah beberapa manfaat dari ubi ungu untuk kesehatan yang bisa anda gunakan untuk kehidupan anda sehari-hari. Ubi lebih cendrung ke makanan, dan tentunya masakan bisa menjadi duduk masalah kegemukan. Tetapi, kami punya cara bagi anda yang ingin mengatasi gemuk di sini, baca: Cara Mengatasi Kegemukan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Khasiat Ubi Ungu Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel